Jumat, 02 November 2012

PERCAKAPAN CANTONESE

Share this history on :
 
cao san   >>>>>>>   selamat pagi
lei ho ma >>>>>>>   apa kabar nya ?
hou         >>>>>>>   baik
lei , ti ma >>>>>>>   kamu bagaimana ?


yika lei hai pinto jwi ? >> sekarang kamu di mana tinggalnya ?
ngo jwi hai Lampung  >> aku tinggal di Lampung


lei kitfen mea ? >>>>> kamu sudah menikah apa belum ?
ngo kit co fen >>>>>>  aku sudah menikah

mei kit fen >>>>>>>>  belum menikah
lei ci em ci a , ngote bangyao yika hai pina ? >>>> kamu tau nggak ,teman kita sekarang di mana ? 

ngo em ci , , , yanwai ngo holoi mo fan oge  >>>> aku nggak tau karena aku lama nggak pulang ke rumah 


ngo tu hai hauloi mo fan oge>>>>>>aku juga lama gak pulang ke rumah

ngo hau kwaju goite>>>>>>aku sangat merindukan mereka...


Mbok Tina,....lei ka toti homo a,..??? >>>Mbok Tina kamu tambah lebih banyak lagi ya,..???

ngo siong hok kan ti>>>>>aku mau belajar lebih

em kosai  >>>>>terimakasih banyak


cosan cece Tina , lei yika hai pinto a ? emhai hai yan le meh ? hai hongkong a ? >>>> pagi mbak Tina , kamu sekarang di mana ? nggak di indonesia ya ? di hongkong kah ?

hoak , yika ngo dong lei yat jai hok kong tungwa , ngo tu hai hoi loi mo kong tungwa , hou to tu ngo emkei tak sai lah  >>>>>> ok , sekarang aku dan kamu belajar bareng , aku juga lama nggak bicara bahasa kantonis , banyak yang udah lupa


ho em hoyi ngo man lei a ? lei yanle pintoa , hamai dong ngo yak yong lampung , yugo hai kemyong , lei lampung pintoa , ngo lampung selatan  >>>> bolehkah aku bertanya padamu ? kamu indonesianya mana ? apakah sama dengan aku lampung , jika demikian , kamu lampungnya mana , aku aku lampung selatan

lei lopan tima , ho em hou a , lei ciuku keito yan , yao mo siu bangyao , kungkung , ama , lei lopan yao mo fankung a , yugo goite mo fankung wah hou jam ma , mo sikan you sek >>>>>> bos mu bagaimana ? baik nggak , kamu mengurus berapa orang , ada anak kecilnya nggak , kakek , nenek , bos mu kerja apa nggak ? jika nggak kerja kamu susah , nggak ada waktu istirahat

lepai lei yao mo yao sek a ? lei cike mai sung teng lei lopan cike mai sung ?  >>>> minggu kamu libur nggak ? kamu belanja sendiri atau majikan kamu yang belanja ?

yeman , keitim lei jwi fan ?>>>> malam jam berapa kamu masak ?


cece mui si ya,.......>>>kakak maaf ya,....

ngo hai hiongkong,,,mei fan yanle  >>> aku di hongkong belum pulang

 
ngo haito co thai oghe,,,yau koko dung cece,...>>> aku disini kerja jaga rumah ,,ada kakak cew cow,...


tanhai mui ciuco ngo hoi pothao,...ngo lopan yao salon,..>>>>>>tapi tiap pagi aku pergi ke salon,,bos punya salon


goite hou yan,..>>>> mereka orang yang baik,..


yikeng ngo ka kontrak...>>>>> sekarang aku nambah kontrak


yijin ngo yausik yatko yuit yatci,tanhai hoi san kontrak ngo yau 4ci fongka....>>>>> dulu aku libur satu bulan sekali,tapi mulai kontrak baru aku libur 4 kali,....


ngo hoisam ce ,....yau yan dong ngo kong tungwa,,,,>>>>>>>>aku senang kak ,ada orang bicara kantonis denganku,.


haito moyan dung ngo kongye,..soyi ngo em lek kong tungwa... >>>>> disini gak ada orang bicara denganku,jadi aku gak terlalu pinter bicara kantonis,..


goite ,..junbo fankung,...ciuco fanhoi,,yeman sin ci fanle >>>>>> mereka semua kerja berangkat pagi pulang malam


emhai ngo mai sung,,hai emhai ngo jifan,..ngo bobo co >>>>> bukan aku yang masak dan belanja,,nenek yang mengerjakan semua

ngo kan goi...>>>> aku ikut dia...


ngote kau tim sin sik fan,,kem ye yah,...>>>>>kami jam 9 malam baru makan ,,malam yah,..


haci ,...kong fan ya ce...>>>> lain waktu kita ngobrol lagi,.ya kak


haiwo,..ngo oghe hai lampung,....>>>> oya rumahku di lampung,.


em koisai,...>>> terimakasih



hau siu ,...>>> lucu banget,....

 
co metye a lei te ta kau..>>>>>kenapa kalian bertengkar..

koko kartam kongye ngamsai >>>> kang kartam ngomong bener banget


Ng sai hak hei yu guo yau ye yiu man ,...(kurang lebih artinya)....Ng(gak ngerti aku)mungkin di ganti Em,..>>tidak ,

jadi artinya,...>>>>tidak usah sungkan jika ada yang mau di tanyakan,..




haiwo,...>>>oh ya,...
 
cece tina emkin keh >>
kakak tina kok gak ketok

 
hai pinto goi...>>>dimana dia?


holang goi houmong dung goi leng cay,...>>>>mungkin dia sibuk dengan anak cowoknya,...


hmmm,.....ngo kwaju goi,..>>>>>aku rindu dia,..


tam sam,..>>kawatir,......heimong goi mosi,...>>>mugo-mugo dia baik-baik saja,..

 
ngo ngui lei >>>> ngiler


hai mui mui , ngo hen hao >>>> hai adikku ,, aku baik" saja
yika houmong a , yanwai houtoyeco >>> sekarang sibuk , banyak pekerjaan 

 
ngoko lengcai yao hai kemyong , yat yat kiu ngo sung goi hai hok hao , cip fong hok , liongko lepai yat ji ngo hai bali mai yea yanwai yika ngo mai sam >>>> jagoan kecilku juga demikian , setiap hari nyuruh aku anter sekolah , jemput sekolah , sedang aku 2 minggu sekali ke bali untuk belanja karena aku sekarang kan jualan baju

lei cike lei hou ma >>>> kamu sendiri bagaimana kabar nya 

 
ngo mami kong , yika hai hongkong houtung a>>> mamiku 


ngomong sekarang di hongkong dingin sekali ya
 
lei yadengyu siusamti wo >>>>>kamu harus hati" lo 

 
keitak yung saudao >>>jangan lupa kaia sarung tangan

 
yugo sai sam , sai choi , sai jwifong>>>>jika mencuci pakaian , cuci sayur , cuci kamar mandi

 
keitak cok tungdin sam , cok nguaido mo pei lei cike fasiu =>>>> jangan lupa / ingat pakai baju dingin , pakai jaket , jangan biarkan dirimu panas / sakit.


ngo tu hai kwaju leia =>>>>> aku juga kangen ma kamu
hai yanle yika tuh yat yat yao lok yu ====== di indonesia sekarang setiap hari hujan terus lo 

 
emci yu comat yea =>>>> nggak tau mau ngapain

 
lei lampung pintoa =>>>>kamu lampung mana ?


hoak =>>>>ok

 
lei cike hai pinto lei oge a =>>>>> kamu sendiri , di mana rumahmu ?

 
ngo to houto emkeitak kong cung man >>>> aku tuh banyak yang lupa kata" kantonis




SUMBER

Sing Nulis: Arya Dzakiy ~ Blog Trik dan Tips ~

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul PERCAKAPAN CANTONESE,, Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terimakasih.

:: Thank you for visiting ! ::

2 komentar:

  1. Wahh, ternyata kalau belum terbiasa, pengucapan kata-katanya sulit juga ya. Oh ya, btw salam kenal, salam berbagi, dan bila berkenan silakan kunjung ke blog saya.

    BalasHapus
  2. Bagus juga boleh bikin rujukan mana yg perlu

    BalasHapus